VISUAL BASIC 6.0

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam Bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh orang yang baru belajar membuat program. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic, yang di bangun dari ide untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang di kembangkan dalam system operasi Microsoft Windows.

Sejarah Visual Basic di awali dari pengembangan bahasa BASIC ( Beginners All- Purpose Symbolic Instruction Code ) di Dartmount College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960.

Pada tahun 1982 Personal Computer / PC diperkenalkan kepada masyarakat, Microsoft pun membuat system operasi MS-DOS untuk komputer, dimana didalamnya disertakan pula Bahasa Basic yang dikenal sebagai Quick Basic (QBASIC).

Pada tahun 1990 era DOS berlalu dan digantikan oleh era Windows, dari perkembangannya ini akhirnya Microsoft membuat Basic versi Windows, bahasa pemrograman Basic ini di kenal dengan nama Visual Basic dan versi terakhirnya adalah MS Visual Basic 6.0 for Windows 98.

1.2 RUMUSAN MASALAH

Bertitik tolak dari latar belakang masalah diatas maka penulis merumuskan permasalahan yang merupakan pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut :

1. Mengenal tentang Visual Basic 6.0

2. Bagaimana tampilan awal Visual Basic itu, memulai Visual Basic dan lingkungan kerja Visual Basic 6.0

3. Apa sajakah komponen Visual Basic 6.0

    1.3 TUJUAN

    Dari rumusan masalah di atas, maka tujuan pembuatan makalah ini adalah :

    1. Mengenal tentang Visual Basic 6.0
    2. Mengetahui tampilan awal Visual Basic 6.0, lingkungan kerjanya dan komponen Visual Basic 6.0
    3. Serta bisa memulai menggunakan program Visual Basic 6.0

     

    BAB II

    PEMBAHASAN


    2.1 MENGENAL VISUAL BASIC 6.0

    Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah di pelajari dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi pada Microsoft Windows. Ini terlihat  dalam pengembangan aplikasi Visual Basic yang menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer dalam pengembangan aplikasi skala kecil sampai ke skala besar.

    Dalam lingkungan Windows, User-interface sangat memegang peranan penting karena dalam pemakaian aplikasi yang kita buat pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang di lakukan. Ledakan pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam system operasi Windows dengan komponen ActiveX Control yang memungkinkan pengguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam system operasi Windows.

    Perkembangan Visual Basic 6.0 dari versi sebelumnya yaitu dengan penambahan beberapa komponen yang sedang tren saat ini, seperti kemampuan pemrograman internet dengan DHTML (Dynamic Hyper Text Mark Language), dan beberapa penambahan fitur database dan multimedia yang semakin baik Visual Basic 6.0 masih merupakan pilihan pertama di dalam membuat program aplikasi yang ada di pasar perangkat lunak nasional. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam melakukan proses development dari aplikasi yang di buat.

    2.2 MEMULAI VISUAL BASIC 6.0

    Ada beberapa cara untuk memulai program Visual Basic 6.0 yaitu :

    • Click tombol Start pada windows
    • Click All Program, kemudian pilih Microsoft Visual Studio 6.0, dan Pilih / Click Microsoft Visual Basic 6.0

    Gambar  2.2.1 Membuka jendela Visual Basic 6.0

    • Pada halaman Start pada tab New, pilih Standard EXE untuk membuat project yang baru. Lihat Gambar 2.2.2

    Gambar 2.2.2 Kotak dialog New Project

    • Apabila tidak ingin kotak dialog New Project selalu tampil, kita dapat memberi tanda cek pada kotak cek “Don’t show this dialog in the future yang di tunjuk oleh tanda panah pada gambar di atas.
    • Setelah melakukan langkah yang ke-d setiap kali membuka Program Visual Basic, maka secara otomatis Project Standart EXE akan tercipta sebagai defaultnya.

    2.1 TAMPILAN AWAL VISUAL BASIC 6.0

    Pada tampilan awal Visual Basic 6.0 sangatlah sederhana dan mudah untuk diingat. Tampilan dari jendela Visual Basic 6.0 dapat dilihat pada gambar dibawah ini

    Gambar 2.2.3 Tampilan Awal Visual Basic 6.0

    Keterangan :

    1. Menubar

    2. Toolbar

    3. Toolbox

    Toolbox adalah kotak alat yang berisi icon-icon atau komponen-komponen untuk memasukan objek tertentu ke dalam Form.

    Bila Toolbox tidak muncul klik tombol Toolbox (    ) pada bagian Tollbar atau klik menu View > Toolbox.

    4. Jendela Form

    Jendela Form yaitu objek yang dipakai untuk tempat kerja aplikasi yang di dalamnya di tempatkan objek-objek lainnya. Di dalam Form ada Grid

    ( garis titik yang berguna untuk pengaturan tempat.

    Bila Jendela Form tidak muncul Klik Tombol View Object (   ) pada bagian Project Explorer atau klik menu View > Object.

    5. Jendela Kode

    Bila Jendela Kode tidak muncul Klik Tombol View Code ( ) pada bagian Project Explorer atau klik menu View > Code.

    6. Project Explorer

    Bila Project Explorer tidak keluar Klik Tombol Project Explorer ( ) pada bagian Toolbar atau klik menu View > Project Explorer.

    7. Jendela Properties

    Jendela Properties di gunakan untuk menentukan setting suatu objek, menentukan cara kerja dari object saat program dijalankan misalnya setting dari warna, huruf dan lain-lain.

    Bila Jendela Properties tidak muncul klik tombol Properties Window ( ) pada bagian Toolbar atau klik menu View > Properties Window.

    2.4 LINGKUNGAN KERJA VISUAL BASIC 6.0

    2.4.1. Ruang Kerja Visual Basic 6.0

    Tampilan ruang kerja Visual Basic 6.0 ( Workspace ) yang terpadu untuk membuat program aplikasi. Ruang kerja terpadu ini di sebut dengan IDE (Integrated Development Environment).

    Kita akan melihat tampilan area kerja atau IDE VB 6.0.

    Kenali bagian-bagian utama di dalam IDE VB 6.0 berikut ini :

    Keterangan :

     Control Menu

    Control Menu adalah menu yang di gunakan untuk memanipulasi Jendela Visual Basic. Melalui menu ini kita dapat mengubah ukuran, memindahkan dan menutup jendela Visual Basic. Adapun perintah-perintah yang terdapat pada Control Menu adalah sebagai berikut:

     Restore : Untuk mengubah ukuran jendela ke ukuran sebelum

     Move : Untuk memindahkan letak jendela

     Size : Untuk mengubah ukuran jendela

     Minimize : Untuk meminimalkan ukuran jendela

     Maximize : Untuk memaksimalkan ukuran jendela

     Close : Untuk menutup jendela

     Menu

    Menu Visual Basic berfungsi sebagai perintah untuk menjalankan tugas tertentu. Kita dapat menggunakan mouse untuk menggunakan perintah-perintah yang di sediakan atau menggunakan kombinasi tombol ALT + Keyword.

    Misalkan : File dapat di kerjakan dengan tombol Alt + F

     Toolbar

    Toolbar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dalam Toolbar ini terdapat icon-icon (perintah bergambar).

     Form Window

    Form Window berfungsi sebagai media kerja kita. Melalui Form Window kita dapat meletakkan berbagai macam objek interaktif, misalnya teks, gambar dll. Merupakan suatu objek yang di pakai sebagai tempat bekerja program aplikasi. Form Window secara otomatis akan di sediakan oleh Visual Basic secara bersamaan ketika kita membuat Project Bar.

     Toolbox

    Toolbox berisi icon-icon yang nantinya akan di pakai dalam pembangunan program aplikasi. Kita juga dapat memodifikasi Toolbox, misalnya menambah icon dengan cara memilih > Menu Project Components.

     Project Explorer

    Jendela Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi di dalam Visual Basic di sebut dengan istilah Project dan setiap Project dapat mengandung lebih dari satu file , misalnya form, modul, class, dll.

     Properties Windows

    Properties Windows merupakan jendela yang mengandung semua informasi tentang object pada aplikasi Visual Basic. Fungsi aplikasi ini sebagai pengatur dan karakteristik dari suatu objek. Misalkan untuk mengubah tinggi objek, warna objek dll.

     Form Layout Windows

    Form Layout Windows berfungsi untuk menggambarkan posisi form terhadap layar monitor.

    2.4.2. Mengatur Lingkungan Kerja Visual Basic 6.0

    Pengaturan IDE Visual Basic dapat di lakukan dengan menu Tools. Option pengaturan dapat dilakukan sesuai dengan selera dan kebiasaan programmer sehingga dapat bekerja dengan baik dan efektif. Mulai Visual Basic 6.0 , IDE Visual Basic memperkenalkan MDI Development Environment, dan beberapa hal dapat diatur dengan menggunakan menu Tools, Option adalah sebagai berikut :

     Mengatur Editor

     Mengatur Format Editor

     Mengatur Hal-hal Yang General

     Mengatur Docking Jendela

     Mengatur Environment

     Mengatur SDI Devilopment Environment atau MIDI

    2.5 KOMPONEN VISUAL BASIC 6.0

    2.5.1 Title Bar

    Title Bar merupakan batang judul dari Program Visual Basic 6.0 yang terletak pada bagian paling atas pada Jendela Program, selain itu berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela.

    Fungsi Title Bar yaitu :

    a. Memindahkan Jendela dengan menggunakan proses drag dan drop pada posisi Title Bar tersebut.

    b. Mengatur Jendela dari ukuran maximize ke ukuran restore atau sebaliknya dengan melakukan klik pada posisi Title Bar tersebut

    Gambar 2.5.1 Title Bar

    2.5.2 Menu Bar

    Menu Bar atau Baris Menu terletak paling atas pada IDE, menu merupakan kumpulan perintah-perintah yang dikelompokan dalam kriteria operasi yang dihasilkan. Menu juga dapat di akses dngan cara klik kanan di area kosong pada form, atau dapat pula dengan menekan tombol Alt + Huruf yang digaris bawahi (hotkey).

    Gambar 2.5.2 Baris Menu

    Tabel Baris Menu

    2.5.3 ToolBar

    Toolbar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basi. Biasanya tombol – tombol ini merupakan perintah – perintah yang sering digunakan.

    Gambar 2.5.3 ToolBar

    2.5.4 ToolBox

    ToolBox adalah tempat penyimpanan control yang akan kita gunakan pada Program yang dipasangkan pada form. ToolBox berisi icon-icon yang nantinya akan di pakai dalam pembangunan Program Apikasi, kita juga dapat memodifikasi ToolBox, misalnya menambah icon dengan cara menambah Menu > Project Components.

    Berikut ini adalah gambar penjelasan Control yang ada di ToolBox :

    Keterangan :

     Pointer : Ini bukan control melainkan penunjuk control sehingga kita bias memindah letak atau mengubah ukuran kontrol yang terpasang pada form.

     Picture Box : Untuk menampilkan gambar status maupun gambar aktif dari sumber di luar dirinya.

     Label : Kontrol yang bias di gunakan untuk menampilkan teks yang tidak bisa diubah oleh pemakai program.

     Text Box : Untuk membuat area teks dimana teksnya bisa diubah oleh pemakai.

     Frame : Untuk mengelompokan beberapa kontrol.

     Command Button :Untuk membuat sebuah tombol pelaksanaan perintah.

     Check Box : Untuk membuat kotak check yang mudah pemakaiannya. Bisa digunakan untuk pemilihan dua keadaan (benar atau salah) dari banyak pilihan sekaligus.

     Option Button : Untuk pemilihan dua keadaan dari banyak pilihan, namun hanya satu pilihan saja yang bisa di aktifkan pada suatu saat.

     Combo Box : Untuk menghasikan kontrol yang merupakan kombinasi dari list box dan teks box, sehingga pemakai bisa memasukan pilihan melalui daftar atau menuliskannya.

     ListBox : Digunakan untuk menampilkan daftar pilihan yang bisa digulung.

     HscrollBar :Untuk menggulungkan area kerja secara horizontal.

     Vscroll Bar : Untuk menggulungkan area kerja secara vertikal.

     Timer : Untuk penghitung waktu event dalam interval yang ditentukan.

     Drivelist Box : Untk menampilkan Disk Drive yang dimilki komputer.

     DisList Box : Untuk menampilkan Directory dan Path

     FileList Box : Untk menampilkan sebuah daftar file

     Shape :Untuk memasang kontrol yang mampu menghasilkan sarana agar pemakai bisa menggambar berbagai bentuk seperti oval, lingkaran dan lain-lain.

     Line : Untuk menggambar garis dengan berbagai variasinya.

     Image : Untuk menampilkan gambar bitmap, icon, ataupun metafile pada form. Kontrol PictureBox menyediakan lebih banyak fasilitas disbanding control ini.

     Data : Menyediakan sarana akses data dalam suatu database.

     OLE : Untuk menghasilkan proses lirik dan embed obyek antar aplikasi.

    2.5.5 Project Explorer

    Project adalah sekumpulan modul. Jadi Project atau Proyek merupakan program aplikasi itu sendiri. Project disimpan dalam file yang berakhiran .VBP. File ini menyimpan seluruh komponen program, termasuk pilihan proyek, pilihan environment, pilihan file EXE dan segala sesuatu yang berkaitan dengan proyek.

    2.5.6 Properties Window

    Properties digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai beberapa property yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat jendela program. Untuk menggunakan property yaitu click terlebih dahulu control yang ingin kita setting. Bentuk dari properties dapat dilihat pada gambar berikut.

    Gambar 2.5.6 Windows Properties

     

    2.5.7 Form Layout Windows

    Form Layout Windows adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang di tampilkan pada layar monitor.

    Gambar 2.5.7 Form Layout Windows

    2.5.8 Immediate Window

    Jendela ini dapat mengevaluasi perintah atau fungsi dalam Visual Basic ( dengan meletakkan karakter tanda tanya di depan perintah atau fungsi yang akan kita coba ). Selain itu kita dapat menggunakan jendela ini untuk melihat hasil dari peritah debug print dari perintah program.

    Gambar 2.5.8 Immediate Window

    2.5.9 Form Window

    Form adalah bahan untuk pembuatan Window. Kita dapat meletakkan kontrol pada Form. Control ini misalnya tombol, check box, radio button, memo label, panel, dll. Pada Form tersedia tombol minimize/restore dan close. Ketiganya terletak di pojok kanan atas. Ukuran Form biasanya diubah dengan drag dan drop tiga titik disebelah kanan, bawah dan pojok kanan bawah. Jika drag kearah keluar akan memperbesar dan sebaliknya memperkecil.

    Untuk mengaktifkan Form ada tiga cara yaitu :

    a. Klik Tombol View Object pada Window Project

    b. Dari Menu View , klik perintah object

    c. Tekan Tombol Shift + F7 pada keyboard.

    Gambar 2.5.9 Form Windows

    2.5.10 Code Window

    Code Window adalah jendela yang berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi program untuk Aplikasi Visual Basic.

    Gambar 2.5.10 Windows Code Editor

    Pada Windows ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Jika kita melakukan klik ganda pada sbuah object yang merupakan control atau form maka Windows Code ini akan langsung aktif dan membawa kursor kita langsung ketempat penulisan program yang terkaitdengan object tersebut.

    2.5.11 Event

    VB merupakan bahasa pemrograman Event Driven yang artinya menunggu sampai adanya respon dari pemakai berupa kejadian tertentu, misalnya object tersorot, Click, Move, Resize,dll. Ketika Event terdeteksi, maka Event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan.

    Event adalah kejadian atau tindakan apa yang diberikan atau diterima oleh suatu objek. Suatu object bias memiliki banyak Event yang pasti bisa berbeda.

    Antara lain :

    Cara membuat suatu Event cukup Double click saja Object/Kontrol yang terletak pada For. Sehingga akan terbentuk dua jenis kotak (ex.Command & Click). Kotak Command1 tersebut merupakan kumpulan dari Object sedangkan Kotak Click tersebut adalah event-event yang dibutuhkan.

    2.5.12 Method

    Method yaitu kumpulan perintah yang memilki kegunaan hampir sama dengan satu fungsi atau prosedur, tetapi perintah-perintah sudah disediakan dalam suatu object.

    Method umumnya digunakan untuk menjalankan perintah khusus pada suatu object tertentu.

    Gambar 2.5.12 Method

    2.5.13 Module

    Module fungsinya hampir sama dengan Form, tetapi Module tidak berisi Object atau bentuk standar, dan Module berisikan kode program atau prosedur yang dapat digunakan dalam program aplikasi. Untuk membuat Module sendiri, kita dapat memasukkan ke dalam program aplikasi dengan menu Project lalu Add Module.

     

    BAB III

    PENUTUP


    3.1 Kesimpulan

    Berdasarkan Uraian dari bab-bab sebelumnya dan melaju pada rumusan masalah yang telah penulis rumuskan, maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :

    1) Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah di pelajari dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi pada Microsoft Windows. Ini terlihat dalam pengembangan aplikasi Visual Basic yang menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari.

    2) Ada beberapa cara untuk memulai program Visual Basic 6.0 yaitu :

    a) Click tombol Start pada windows

    b) Click All Program, kemudian pilih Microsoft Visual Studio 6.0, dan Pilih / Click Microsoft Visual Basic 6.0

    3) Tampilan ruang kerja Visual Basic 6.0 ( Workspace ) yang terpadu untuk membuat program aplikasi di sebut dengan IDE (Integrated Development Environment).

    4) Komponen Visual Basic 6.0 yang terdiri dari :

    a) Title Bar

    b) Menu Bar

    c) Toolbar

    d) ToolBox

    e) Project

    f) Properties Window

    g) Form Layout Windows

    h) Immediate Window

    i) Form Window

    j) Code Window

    k) Event

    l) Method

    m) Module

    About these ads

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d blogger menyukai ini: